0

Pengertian Perilaku Individu dalam Organisai

Posted by Unknown on 18.06


Perilaku individu adalah sebagai suatu fungsi dari interaksi antara individu dengan lingkungannya. Beberapa definisi perilaku individu menurut para ahli diantaranya ialah:
1.        Menurut Sofyandi dan Garniwa (2007) Perilaku individu adalah sesuatu yang dikerjakan seseorang, seperti  berbicara dengan manajer, mendengarkan rekan sekerja, menyusun laporan, mengetik memo, menempatkan unit barang kedalam gudang dan lain sebagainya..
2.        Gibson CS. (1996)  menyatakan perilaku individu adalah segala sesuatu yang dilakukan seseorang seperti: berbicara, berjalan, berfikir, atau tindakan dari suatu  sikap.
3.        Menurut Stephen P. Robbins dalam bukunya yang berjudul Perilaku Individu menyatahan bahwa suatu pemahaman  tentang perilaku bermula dari kajian mengenai kontribusi utama psikologis terhadap Perilaku Organisasi (OB). Kontribusi ini dibagi dalam empat konsep berikut: sikap, kepribadian, persepsi dan pembelajaran.
Perilaku individu dalam organisasi adalah bentuk interaksi antara karakteristik individu dengan karakteristik organisasi. Setiap individu dalam organisasi, semuanya akan berperilaku berbeda satu sama lain, dan perilakunya adalah ditentukan oleh masing-masing lingkungannya yang memang berbeda. Individu membawa ke dalam tatanan organisasi kemampuan,kepercayaan pribadi, pengharapan kebutuhan dan pengalaman masa lalunya.
Karakteristik yang dipunyai individu ini akan dibawanya manakala memasuki lingkungan baru yaitu oraganisasi atau yang lainnya. Organisasi juga merupakan suatu lingkungan yang mempunyai karakteristik seperti keteraturan yang diwujudkan dalam susunan hirarki, pekerjaan, tugas, wewenang,tanggung jawab, sistem penggajian, sistem pengendalian, dan sebagainya.Dalam kaitan antara individu dengan organisasi, maka ia membawa karakteristik individu ke dalam organisasi, sehingga terjadilah interaksi antara karakteristik individu dengan karakteristik organisasi. Interaksi keduanya mewujudkan perilaku individu dalam organisasi.Perilaku individu juga dapat dipahami dengan mempelajari karakteristik individu. Karakteristik yang melekat pada individu terdiri dari ciri-ciri biografis, kemampuan, kepribadian, persepsi dan sikap

0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

About Me

Copyright © 2009 Febrianasari Arydaputri All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.