0

LAPORAN KEUANGAN

Posted by Unknown on 16.18


Definisi
Laporan keuangan adalah informasi data keuangan (semua transaksi) suatu perusahaan selama satu periode sebagai tolak ukur kinerja atau prestasi perusahaan.
Tujuan
1 .       Memberikan informasi bagi pihak berkepentingan. Contoh : pemerintah, penanam modal, kreditor
2 .       Sebagai pertanggungjawaban dari pengelola
3 .       Penilaian
 Tolak ukur prestasi perusahaan. Umumnya dilihat dari laporan laba/rugi

Unsur-unsur
Unsur-unsur dalam laporan keuangan ada aktiva, kewajiban, pendapatan, modal dan beban
·         Aktiva = Kewajiban+Modal
Artinya aktiva/harta yang dimiliki dapat bersumber dari kewajiban/pinjaman dan modal sendiri

Jenis-jenis Laporan Keuangan berdasarkan PSAK
1.         Laporan posisi keuangan/neraca (Balance Sheet)
Neraca adalah laporan yang menggambarkan posisi keuangan dari suatu perusahaan yang meliputi aktiva dan passiva pada suatu periode
Bentuk neraca
·       Neraca bentuk staffel
Bentuk neraca yang disusun dengan menyusun ke bawah, meletakkan pada bagian samping dengan kolom debet kredit
·       Neraca bentuk scontro
Neraca yang memisahkan antara aktiva dan passiva pada posisi kanan dan kiri atau saling menyebelah
2.         Laporan laba/rugi (income statement)
Laporankeuangan yang menyajikan rincian pendapatan yang diperoleh dan beban yang terjadi selama satu periode akuntansi di suatu perusahaan
Bentuk penyajian laporan laba/rugi
       ·        Terperinci (Multiple Step)
            Penyajian bentuk ini dengan cara melakukan pengelompokkan baik dari sudut hasil maupun biaya-biaya secara terperinci atau dengan mengklasifikasikan setiap akun
       ·        Single Step
            Penyajian bentuk ini dengan cara menggabungkan setiap akun pendapatan dan akun biaya-biaya       tanpa harus diklasifikasikan satu per satu
3.         Laporan perubahan modal/ekuitas (equity statement)
Laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai perubahn modal (ekuitas) selama satu periode akuntansi.
4.         Laporan arus kas (Cash Flow)
Laporan keuangan yang melaporkan arus kas masuk dan arus kas keluar di suatu perusahaan selama satu periodde akuntansi.
5.       Catatan atas laporan keuangan (calk)
Catatan tambahan dan informasi yang ditambahkan ke akhir laporan keuangan untuk memberikan tambahan informasi lebih lanjut.
Catatan atas laporan keuangan membantu menjelaskan perhitungan item tertentu dalam laporan keuangan serta memberikan penilaian yang lebih komprehensif dari kondissi keuangan perusahaan.
Catatan atas laporan keuangan dapat mencakup tentang utang, kelangsungan usaha, piutang, kewajiban kontijensi atau informasi kontektual untuk menjelaskan angka-angka keuangan.

0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

About Me

Copyright © 2009 Febrianasari Arydaputri All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.